Home » , » 5 Tips Mudah Supaya Anak Lebih Menyukai Buku Dibanding Gadget

5 Tips Mudah Supaya Anak Lebih Menyukai Buku Dibanding Gadget

Tips Sehat dan Cantik - Sekarang ini gadget telah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi sebagian besar penduduk diseluruh dunia. Semakin canggihnya gadget yang kemudian ditambah dengan kemudahan akses internet membuat kebanyakan orang sulit untuk terlepas darinya. Buku yang dulunya menjadi favorit banyak orang pun sekarang ini telah tergeser oleh perangkat canggih tersebut. Sehingga jangan heran kalau akhir-akhir ini anak-anak lebih suka main gadget dibandingkan baca buku.

Sebagai orang tua, tentunya kita tidak ingin hal tersebut dialami oleh anak-anak kita. Karena walau bagaimanapun juga, membiasakan anak-anak membaca buku merupakan salah satu hal yang akan memberikan banyak manfaat pada dirinya. Supaya anak-anak lebih suka membaca buku, lima tips berikut ini perlu Anda coba.
membiasakan anak gemar membaca
Temani anak baca buku via telegraph.co.uk
1. Biasakan membaca buku di rumah
Untuk memulai kebiasaan baik tentu saja harus dimulai dari lingkungan yang paling dekat dengan anak-anak. Lingkungan terdekat bagi anak-anak tidak lain adalah keluarga. Dengan mengajak anak supaya terbiasa membaca buku di rumah, hal itu setidaknya akan membuatnya sadar tentang betapa pentingnya membaca buku.

2. Biarkan anak-anak membaca buku yang sama berulang-ulang
Ketika anak-anak mulai menyukai suatu bacaan, ia mungkin akan terus membaca buku tersebut secara berulang-ulang. Ketika hal ini terjadi, usahakan kita sebagai orang tua turut menemaninya. Sembari menemani jangan lupa untuk mengenalkan buku bacaan baru kepadanya. Hal ini penting dilakukan supaya nantinya ketika anak mulai bosan dengan buku bacaannya, ia akan tertarik dengan buku bacaan baru yang sebelumnya telah kita kenalkan padanya.

3. Bacakan buku cerita yang ingin Anda baca
Poin yang ke-3 ini tidak ada salahnya untuk Anda coba. Ketika sang anak mulai tertarik dengan buku yang Anda baca, ajaklah ia bergabung dan cobalah untuk menjelaskan kalimat-kalimat yang belum difahaminya dengan penjelasan yang sesederhana mungkin.

4. Buat kegiatan yang ada hubungannya dengan cerita di buku
Supaya kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan, sesekali buatlah suatu kegiatan yang ada hubungannya dengan cerita tersebut. Misalnya, Anda menanyakan kepada anak Anda tentang pelajaran apa yang bisa kita ambil dari cerita tersebut. Dengan cara seperti ini, kegiatan membaca akan terasa lebih hidup dan pastinya akan memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi kehidupan anak Anda.

5. Hubungkan cerita di buku dengan kehidupan nyata
Kita tahu bahwa entah itu fabel, cerita dongeng, atau cerita anak lainnya, hal itu tidaklah ada dalam dunia nyata. Meskipun begitu, tetap saja ada beberapa pelajaran yang bisa diambil untuk membantu pembentukkan karakter sang anak. Ketika memberikan suatu pelajaran kepada anak-anak, biasanya anak-anak akan lebih cepat mengerti jika Anda menghubungkannya dengan cerita yang pernah ia dengar, baca, atau lihat sebelumnya.

Baca juga:  10 Manfaat Dari Membaca Buku

Umumnya anak-anak akan meniru kebiasaan orang-orang yang ada disekitarnya. Jika anak Anda ingin gemar membaca buku, cobalah untuk memulainya dari diri Anda sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar