Home » , » 6 Alasan Ini Bantu Anda Hindari Makan Tomat Kalengan

6 Alasan Ini Bantu Anda Hindari Makan Tomat Kalengan

Tips Sehat dan Cantik - Tomat merupakan salah satu makanan menyehatkan karena memiliki beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Warnanya yang begitu menggoda membuat sebagian besar orang menyukainya. Namun, nyatanya tomat tidak lagi menyehatkan bila Anda memilih mengonsumsi tomat kalengan. Mengapa demikian? Berikut adalah 6 alasan mengapa makan tomat kalengan tidaklah menyehatkan.
tomat kalengan tidak sehat
Ilustrasi saus tomat via chocolatemoosey.com
1. Tidak segar
Alasan pertama mengapa tomat kalengan tidak menyehatkan adalah tidak segar. Menurut Anda mana yang lebih baik, mengonsumsi tomat segar atau tomat kalengan? Jawabannya tentu saja tomat segar, iya kan? Tomat segar baik dikonsumsi karena ia masih memiliki kandungan vitamin dan mineral yang masih terjaga secara utuh.

2. Mengandung bahan kimia yang tidak sehat
Anda tentunya tahu bahwa setiap makanan yang dikemas dalam kaleng pada umumnya selalu ditambahkan beberapa bahan kimia didalamnya. Bila setiap harinya Anda mengonsumsi makanan-makanan seperti ini, nantinya didalam tubuh Anda akan terjadi penumpukkan bahan kimia yang pada akhirnya akan menurunkan kesehatan tubuh.

3. Mengandung bahan pengawet
Tidak bisa dipungkiri, bahan pengawet senantiasa ditambahkan kedalam makanan kalengan supaya masa penyimpanan makanan tersebut bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, bahan pengawet juga mempunyai fungsi lainnya yaitu untuk mengontrol pertumbuhan bakteri yang bisa membusukkan makanan. Akan tetapi, bila seorang penderita asma mengonsumsi makanan seperti ini, maka bahan pengawet dapat menimbulkan masalah pada pernapasan.

4. Mengandung sodium
Salah satu bahan kimia yang biasanya ada dalam makanan kalengan adalah sodium. Bahan kimia yang satu ini memang bisa menimbulkan masalah kesehatan terutama yang erat kaitannya dengan tekanan darah.  Selain sodium, tomat kalengan juga mengandung nitrat yang dapat mempengaruhi kesehatan pada sistem pencernaan.

5.  Mengandung aspartam
Tahukah Anda kenapa tomat kalengan mempunyai cita rasa yang begitu lezat? Salah satu yang membuat tomat terasa lezat adalah adanya bahan kimia yang bernama aspartam. Bila Anda terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung aspartam biasanya Anda akan mengalami beberapa gangguan masalah kesehatan seperti sakit kepala, penglihatan kabur, dan timbulnya gangguan pada sistem pencernaan.

6. Mengandung sirup jagung
Selain aspartam, sirup jagung juga biasanya dimanfaatkan sebagai pemanis buatan. Bagi penderita diabetes, pemanis buatan memang tidak disarankan untuk dikonsumsi. Selain itu, pemanis buatan seperti sirup jagung dapat menyebabkan obesitas dan beberapa gangguan kesehatan lainnya seperti nyeri di bagian dada, sakit kepala, dan mual.

Itulah 6 alasan yang perlu Anda ketahui bahwa mengonsumsi tomat kalengan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Kalau memang Anda menginginkan saus tomat untuk melengkapi menu spageti, lebih baik buat sendiri saut tomatnya.

0 komentar:

Posting Komentar