Home » , » Manfaat Tidur Siang Yang Jarang Diketahui

Manfaat Tidur Siang Yang Jarang Diketahui

Tips Sehat dan Cantik - Tidur merupakan waktu yang paling tepat untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian melakukan aktivitas. Namun, bukan hanya tidur pada waktu malam hari saja yang dapat membuat energi Anda balik lagi. Akan tetapi, tidur di siang hari pun juga dianjurkan karena memberikan manfaat yang begitu besar terhadap orang yang melakukannya.

Di beberapa negara seperti Cina dan Taiwan, para siswa ternyata di wajibkan untuk tidur siang di kelasnya. Hal ini mungkin terdengar sangat aneh untuk masyarakat Indonesia. Namun, hal tersebut memang nyata adanya. Apakah Anda tahu apa saja manfaat tidur siang bagi diri Anda? Berikut telah kami hadirkan untuk Anda beberapa manfaatnya.
manfaat dari tidur siang
Nikmati tidur siang di alam terbuka via wakeup-world.com
Tidur siang selama 10-20 menit
Sebagian orang menilai bahwa tidur siang selama 10-20 menit itu terlalu sedikit dan tidak cukup untuk membuat energi yang hilang kembali lagi. Padahal, tidur siang sebentar saja dapat meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, tidur siang yang singkat seperti ini sangatlah cocok untuk Anda gunakan bila memang Anda bekerja disebuah perkantoran. Terlalu lama bekerja didepan layar monitor bukan hanya menguras tenaga Anda, melainkan mata Anda juga akan mulai merasa lelah. Untuk mengembalikan energi yang hilang tersebut, sebaiknya gunakan waktu istirahat Anda untuk tidur siang selama 10-20 menit saja. Bila Anda takut tidur terlalu lelap, cobalah untuk memasang alarm dengan ponsel Anda.



Tidur siang selama 30-60 menit
Tidur siang dengan kurun waktu 30-60 menit memang baik karena hal itu akan membuat daya pikir Anda meningkat. Namun, tidur siang dengan waktu seperti ini ada kekurangannya, yaitu Anda akan membutuhkan waktu 30 menit lagi untuk pulih sebelum manfaat tidur siang tersebut benar-benar dirasakan oleh Anda. Bila jam istirahat Anda tidak mencukupi, sebaiknya pilihlah waktu tidur siang yang pertama, yakni tidur siang selama 10-20 menit.

Menurunkan stres
Sebuah penelitian menujukkan bahwa hormon stres akan mengalami penurunan secara drastis setelah tidur siang. Selain itu sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Jerman pun menemukan bahwa ketika sekelompok pilot tidur kurang dari 7 jam dalam semalam, kadar kortisolnya mengalami peningkatan yang cukup tajam dan hal itu dapat bertahan hingga 2 hari. Namun setelah mereka tidur siang walaupun hanya sebentar saja, kadar kortisol tersebut ternyata dapat berkurang separuhnya.

Meningkatkan mood
Suasana hati, tidur, dan selera Anda dipengaruhi oleh zat Neurotransmitter Serotonin. Ketika tubuh Anda mengalami depresi atau stres, serotonin tersebut akan digunakan lebih tinggi sedangkan proses produksinya akan terhenti. Akibatnya, Anda akan mudah sekali merasa cemas, mudah tersinggung, dan mudah marah. Untuk mengatasinya, tidur siang sesaat dapat menggenangi otak dengan serotonin yang nantinya akan meningkatkan mood Anda.

Tidur siang memang mempunyai manfaat yang besar, namun hal itu akan berdampak buruk bila Anda salah memilih waktunya. Waktu yang tepat untuk tidur siang adalah pada pukul 1 sampai pukul 3 siang. Jadi, kalau Anda punya waktu istirahat yang cukup untuk tidur siang, kenapa tidak?

Simak juga artikel yang berhubungan dengan tidur siang, seperti Posisi Tidur yang Paling Baik Untuk Kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar