Home » » TANGISAN SEBAGAI KOMUNIKASI BAYI

TANGISAN SEBAGAI KOMUNIKASI BAYI

Sebagai orang tua kita wajib mengetahui tangisan bayi kita, karena melalui tangisannya inilah sikecil berusaha berkomunikasi dan menyampaikan keadaannya kepada kedua orang tuanya. Jika sikecil menangis, maka ada beberapa tanda atau sinyal pemberitahuan yang dikirim bayi untuk kita.


Menurut sebuah penelitian, ada 5 macam tangisan bayi di seluruh dunia yang sama konsepnya, dimana jenis tangisan itu memiliki makna sendiri-sendiri. karena itu perlu mendapat respon dari orang tua, sehingga ketika bayi kita menangis, kita dapat mengetahui maksud dari bayi tersebut dan orang tua dapat bertindak sesuai dengan kebutuhan bayi kita tersebut.
Lima macam tangisan bayi tersebut dapat diidentifikasi sebagai berikut :
  1. Bayi menangis dengan bunyi "Owh" hal ini menandakan bayi kita sudah mengantuk dan ingin tidur, jadi jangan ribut ya.
  2. Bayi menangis dengan bunyi "Neh" Ini tandanya bayi kita sedang lapar, atau haus minta susu atau makan.
  3. Bayi menangis dengan bunyi "Heh" Bayi kita berusaha menyampaikan dia tidak enak baik dari lingkungan luar maupun dari posisnya yang kurang nyaman.
  4. Bayi menangis dengan bunyi "Eir" bayi kita sedang ingin buang hajat, atau sakit perut karena mau buang hajat tersebut.
  5. Bayi menangis dengan bunyi "Eh" bayi kita sekedar ingin bersendawa atau buang angin.

Selain kelima macam tangisan bayi di atas juga bisa terjadi bayi menangis secara acak, dengan melihat reaksi lingkungannya. Misalnya bayi yang semula menangis dengan bunyi "Owh" karena mengantuk tapi karena tidak ada reaksi atau respon positif dari orang tuanya, maka menjadi "Eir" dengan harapan ini dapat cepat didengar oleh orang tuanya. Karena itu kita harus mengetahui penyebab pasti bayi menangis. Untuk segera memberikan tindakan yang memang benar-benar dibutuhkan bayi kita.

0 komentar:

Posting Komentar