Home » , » CARA MEMBERIKAN NUTRISI PADA ANAK AGAR ANAK SEHAT

CARA MEMBERIKAN NUTRISI PADA ANAK AGAR ANAK SEHAT

nutrisi anak sehat, makanan sehat kaya nutrisi
Pemberian nutrisi pada anak harus sangat diperhatikan sebab jumlah nutrisi yang tepat dapat membantu pertumbuhan fisiknya serta menghindarkan dari resiko berbagai penyakit seperti kegemukan, kropos tulang, diabetes dan penyakit lain karena kekurangan nutrisi. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar anak memperoleh cukup nutrisi yang baik, yaitu:
Menyajikan makanan yang beragam;
  1. Memberikan kegiatan olah raga yang cukup dan seimbang
  2. Memilih makanan dari jenis yang alami seperti gandum, sayuran dan buah-buahan
  3. Memilih makanan rendah lemak dan non kolesterol;
  4. Mengkonsumsi gula dan garam secara wajar;
  5. Memilih makanan dengan kadar kalsium dan zat besi yang cukup.
  6. Membiasakan memilih makanan yang sehat dalam keluarga. 
  7. Upayakan menyediakan makanan, susu dan minuman yang rendah lemak atau rendah kalori serta hindarilah penyediaan makanan dan minuman yang berkalori tinggi, minuman ringan dan juga es krim dengan lemak tinggi
Untuk memperoleh jumlah nutrisi yang tepat, anak harus mengonsumsi beragam jenis makanan seimbang. Contoh jenis makanan yang seimbang sesuai dengan pertumbuhan dan aktivitas si kecil antara lain :

1. Kelompok gandum
Kelompok gandum ini dapat berupa makanan seperti: sepotong roti, setengah cangkir nasi atau pasta, serta setengah gelas sereal masak, kemudian dikombinasikan dengan sedikit sereal siap saji. Sajikan sebanyak enak kali sehari
 
2. Kelompok Nabati
Kelompok Nabati Berupa setengah gelas sayuran potong atau satu gelas sayuran daun. Sajikan sebanyak tiga kali sehari.
 
3. Kelompok buah-buahan
Kelompok buah-buahan meliputi satu jenis buah, satu gelas jus buah murni, satu gelas buah kaleng atau buah kering sajikan sebanyak dua kali sehari.

4. Kelompok susu
 Meliputi satu gelas susu atau yoghurt atau dua ons keju. Sajikan sebanyak dua kali sehari.

5. Kelompok daging
meliputi 2 -3 ons daging lunak masak/ unggas/ ikan, satu gelas kacang kering masak. Satu ons daging dapat menggantikan dua sendok makan mentega atau satu butir telur. Sajikan dua kali sehari.
 
6. Lemak, minyak, dan gula
Untuk makanan anak, kandungan lemak dalam makanan tidak boleh lebih dari 30%. Jenis lemak jenuh terdapat pada daging, produk susu dan kelapa. Lemak tersebut meningkatkan kadar kolesterol, jadi konsumsi lemak jenuh sebaiknya dibatasi 10% dalam konsumsi setiap hari. Sedangkan lemak tak jenuh terdapat pada minyak zaitun dan jagung.

Demikianlah ayah-bunda dan pendidik sekalian cara memberikan nutrisi dan jenis-jenis makanan pada anak agar anak dapat menjadi sehat. Terima kasih sudah berkunjung diblog ini. salam.

Sumber: disarikan dan diringkas dari berbagai sumber.

0 komentar:

Posting Komentar