Home » , » TREND PERSALINAN CAESAR DAN KONSEKUENSINYA

TREND PERSALINAN CAESAR DAN KONSEKUENSINYA

Sejak mulai akhir dekade 90an' sampai tahun 2014 ini, melahirkan  dengan cara caesar seakan-akan menjadi trend mode. Para calon ibu yang mempunyai dana berbondong-bondong memboking rumah sakit untuk melakukan proses kelahiran dengan cara caesar, seperti mereka mem-boking hotel. Operasi caesar pun banyak dilakukan tanpa anjuran medis sama sekali. Alasan yang diberikan bermacam-macam umumnya seperti keinginan, agar bisa memilih tanggal lahir anak dengan tanggal unik atau cantik seperti keinginan kedua orang tua (misalnya tanggal dan tahun pergantian milenium), juga alasan praktis seperti sang ibu tidak perlu tersiksa harus mengejan, selain itu rasa nyeri yang ditimbulkan saat proses kelahiran juga tidak separah melahirkan normal karena ibu mengalami bius, baik lokal maupun total. Tidak mengherankan, angka kelahiran caesar di Indonesia terus meningkat dari tahun ketahun.

Banyak calon ibu yang meminta dicaesar tanpa rekomendasi resmi medis, diduga karena kurang informasi tentang hal itu. Pada hal, resiko operasi itu banyak dan serius, sehingga jauh lebih berbahaya dibanding persalinan normal. Dan yang harus menerima konsekuensi negatifnya operasi caesar ini, bukan cuma calon ibu yang bersangkutan tetap juga bayi yang akan dilahirkan, misalnya; bayi yang lahir dari operasi caesar kemungkinan besar bisa mempunyai masalah pernapasan, yaitu napas cepat dan tidak teratur. Karena itu WHO sendiri mengatakan bahwa seharusnya yang lebih diprioritaskan adalah persalinan normal, operasi persalinan caesar hanya digunakan untuk menangani 10 - 15 % persalinan.

Banyak masalah dan risiko kelahiran secara caesar, baik pada ibu, maupun pada bayi, yang efek dan akibatnya bisa terjadi pada jangka panjang maupun jangka pendek. Jadi bunda alangkah baiknya kalo bisa kita melahirkan normal saja ya...kecual terpaksa dan direkomendisikan medis atau dokter kita. 

Demikian tentang persalinan caesar di negara kita yang sudah menjadi trend terutama para artis, semoga dapat menjadi bahan renungan dan pertimbangan bunda untuk melahirkan normal atau caesar. Terima kasih semoga artikel ini bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar