Home » , » 5 Jenis Makanan Yang Dapat Mengurangi Mabuk Perjalanan

5 Jenis Makanan Yang Dapat Mengurangi Mabuk Perjalanan

Tips Sehat dan Cantik - Pergi liburan atau berkunjung ke rumah saudara memang sangat menyenangkan. Apalagi kalau jarak yang ditempuh cukup jauh, pastinya akan ada begitu banyak pemandangan yang bisa dinikmati ketika sedang dalam perjalanan. Namun, hal itu akan menjadi sebuah perjalanan yang sangat menyiksa jika Anda seringkali mengalami mabuk di perjalanan.

Ketika mabuk perjalanan, kepala akan terasa pusing dan tubuh pun akan mulai terasa lemas. Selain itu, mual dan keringat dingin mulai berdatangan. Tidak bisa dipungkiri bahwa hal seperti ini memang sungguh sangat menyiksa. Bahkan, terkadang seseorang menjadi merasa takut untuk melakukan perjalanan jarak jauh.
makanan yang mengurangi mabuk perjalanan
Ilustrasi mabuk dalam perjalanan via huffingtonpost.co.uk
Umumnya, kondisi mabuk perjalanan biasanya akan kembali membaik ketika orang tersebut telah muntah. Namun, ada juga beberapa makanan yang dapat membantu Anda merasa lebih baik setelah mengalami mabuk perjalanan. Berikut adalah 5 jenis makanan tersebut.



1. Air kelapa
Air kelapa merupakan minuman menyehatkan karena mampu menghilangkan berbagai macam penyakit, menetralisir racun dalam tubuh, dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Supaya mabuk perjalanan Anda segera berkurang, cobalah untuk minum air kelapa muda segar yang langsung diambil dari kelapanya.

2. Madu dan air lemon
Selain kelapa, madu dan air lemon juga berperan sangat baik dalam hal menetralisir racun, mengobati penyakit, dan meringankan mabuk perjalanan. Ketika Anda sudah tiba di tempat tujuan, sebaiknya bersegeralah ambil madu dan memeras jeruk lemon untuk dicampur dengan air dingin secukupnya. Minum sedikit demi sedikit supaya tubuh Anda mulai terasa segar.

3. Jus jeruk
Seseorang menjadi lebih mudah mabuk perjalanan karena asam lambung dalam tubuhnya mulai berakumulasi. Untuk mengurangi kejadian hal seperti ini, Anda juga bisa minum minuman menyegarkan seperti hal nya jus jeruk. Meskipun jus jeruk memiliki rasa asam, akan tetapi minuman ini baik untuk menjadikan mulut kembali segar dan meredakan rasa mual.

4. Pisang
Pisang adalah salah satu jenis buah-buahan yang baik untuk menemani program diet sehat. Disamping itu, buah pisang juga mempunyai peran yang baik dalam mengembalikan vitalitas tubuh setelah mengalami mabuk perjalanan. Perlu diketahui bahwa buah pisang mengandung kalium dan protein dalam jumlah yang cukup tinggi. Hal ini tentunya bermanfaat untuk mengembalikan mineral tubuh yang hilang selama dalam perjalanan.

5. Jahe
Jahe dikenal sebagai tanaman obat yang sangat baik untuk membantu mengatasi rasa mual, sembelit, gangguan pencernaan, kembung, dan lain-lain. Cara mengatasi rasa mual dengan jahe adalah potong-potong atau geprak jahe kemudian diseduh dengan air panas. Tunggu sampai hangat, lalu diminum dengan dicampurkan madu.

Bila cara yang telah disebutkan diatas terasa ribet, Anda juga bisa minum obat anti mabuk sebelum melakukan perjalanan. Tapi ingat, jangan berlebihan juga ya...semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar