Home » , » Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

Tips Sehat dan Cantik - Kacang merah merupakan makanan jenis kacang-kacangan yang tinggi akan serat. Meskipun tidak se-populer kacang kedelai, manfaat kacang merah juga luar biasa bagi kesehatan. Beberapa kandungan gizi yang tersimpan didalam kacang merah diantaranya adalah karbohidrat kompleks, asam folat, kalsium, protein, fiber, zat besi, mangan, vitamin B, dll.
manfaat kacang merah
Ilustrasi kacang merah via aqua4balance.com
Beberapa penelitian pun telah mengungkapkan bahwa kacang merah yang termasuk kedalam keluarga kacang-kacangan ini memiliki kandungan omega-3 yang berguna untuk menstabilkan tekanan darah dan menstabilkan detak jantung. Tidak hanya sampai disitu saja, dibawah ini setidaknya masih terdapat beberapa manfaat kacang merah yang tentu saja sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan


1. Menjaga kesehatan jantung
Selain bisa membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah, kacang merah juga mampu menstabilkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan membuat trombosit lebih baik. Kandungan omega-3 yang dimilikinya juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik yang sekaligus membantu membersihkan arteri Anda.

2. Menjaga pencernaan tetap lancar
Seperti yang telah dijelaskan diawal-awal, kacang merah memang terkenal akan kandungan seratnya. Dengan kandungan serat inilah proses pencernaan yang terjadi pada usus akan berjalan dengan baik. Sehingga hal ini akan memperkecil risiko gejala kanker usus besar.



3. Memaksimalkan kinerja otak
Vitamin B yang terkandung pada kacang merah mempunyai hubungan sangat erat terhadap fungsi sel-sel otak. Adanya vitamin B, terutama vitamin B1 (Thiamin) akan memberikan kontribusi terhadap reaksi enzimatik sebagai pusat produksi energi dan juga penting untuk fungsi sel otak. Selain itu, mengonsumsi kacang merah juga bisa mencegah penyakit Alzheimer.

4. Antikanker
Didalam kacang merah juga terdapat kandungan flavonoid yang dikenal sebagai zat antikanker dan antialergi. Beberapa penelitian juga pernah menemukan adanya penurunan risiko kanker usus besar pada mereka yang rajin mengonsumsi kacang-kacangan secara teratur.

5. Menurunkan kolesterol
Kacang merah bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula darah. Sebuah studi yang pernah dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine menegaskan, bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat seperti halnya kacang merah, bisa membantu mencegah penyakit jantung. Didalam penelitian tersebut, setidaknya terdapat 10.000 orang dewasa Amerika yang turut berpartisipasi dan diikuti selama 19 tahun. Mereka yang turut berpartisipasi rutin mengonsumsi 100 gram kacang merah disetiap harinya.

6. Kaya antioksidan
Pada daftar makanan yang mengandung antioksidan, kacang merah rupanya menempati peringkat atas dalam daftar makanan tersebut. Para peneliti dari Departemen Pertanian Amerika Serikat melakukan survey pada 100 makanan yang berbeda. Hasil dari penelitian tersebut ternyata kacang merah memiliki kandungan antioksidan yang melebihi makanan lainnya seperti blueberry, ceri, dan cranberry. Kandungan antioksidan ini sangatlah berguna untuk menjaga fungsi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

7. Meningkatkan energi tubuh
Selain kaya akan serat dan antioksidannya, kacang merah juga menjadi sumber zat besi yang baik bagi tubuh. Dalam setiap 1 porsi cangkir kacang merah yang telah dimasak, setidaknya mengandung lebih dari 5 mg zat besi. Hal ini tentu saja dapat memenuhi kebutuhan energi harian.

Manfaat kacang merah diatas bisa diperoleh dengan maksimal jika Anda mau mengonsumsinya secara rutin. Jadi, cobalah sekarang juga dan rasakan manfaatnya.

0 komentar:

Posting Komentar