Home » » 10 TANDA KEHAMILAN AWAL IBU MENGANDUNG

10 TANDA KEHAMILAN AWAL IBU MENGANDUNG

Selain dilakukannya tes positif kehamilan untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan seorang wanita, dapat juga dilihat melalui tanda-tanda tertentu pada perubahan fisik dan fisikis ibu hamil. Sebenarnya ada banyak tanda-tanda kehamilan yang bisa dilihat secara fisik seorang wanita tersebut. Berikut beberapa tanda yang menunjukan kemungkinan positif hamil tersebut :

1. Mual-mual dan muntah
Mual dan muntah sebagai tanda kehamilan ini dikenal dengan istilah morning sickness dan dialami oleh sekitar 50% ibu hamil. Disebut morning sickness karena mual-mual dan muntah pada wanita hamil lebih sering terjadi pada pagi hari, walaupun demikian tetapi tidak selamanya mual dan muntah ini pada pagi hari bisa jadi tidak mengenal waktu baik siang maupun malam.
 
2. Terlambat atau tidak haid (amenorea)
Umumnya, berhetinya hadi dianggap sebagai tanda awal kehamilan. Hal ini terjadi karena setelah sel telur dimasuki sperma dan tertanam pada dinding rahim, pembuluh darah di dinding rahim yang setiap bulannya runtuh jadi permanen tertahan hingga janin membesar dan dilahirkan menjadi bayi.
 
3. Sering buang air kecil
Sering buang air kecil ini akan timbul pada bulan-bulan pertama kehamilan. Ini terjadi karena rahim yang mulai membesar itu menekan kandung kemih. Umumnya, ini mulai terasa sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan.
 
4. Susah buang air besar
Pada ibu yang hamil muda akan terjadi kesulitan buang air besar, hal ini terjadi karena hormon progesteron membuat kerja usus agak melemah. Akibatnya, sisa kotoran jadi sudah dikeluarkan.
 
5. Membesarnya payudara
Meningkatnya hormon estrogen dan progesteron sebagai hormon kehamilan, mempengaruhi perkembangan kelenjar susu. Karena itu maka payudara ibu hamil akan terlihat agak membengkak atau terasa lebih lembut dari biasanya.

6. Meningkatnya kecepat denyut nadi
Secara kasat mata akan terlihat peningkatan detak dan denyut nadi terutama terlihat dibagian pangkal leher, hal ini terjadi sejalan dengan peningkatan pasokan darang yang pompa jantung kearah rahim.

7. Meningkatnya suhu tubuh
Jika setelah masa ovulasi dan diukur dengan alat ukur suhu tubuh masih tetap tinggi sekitar 37,2 - 37,8 Derjat Celcius,  kemungkinan bisa terjadi kehamilan pada seorang wanita normal.

8. Melunaknya rahim dan leher rahim
Jika diperiksa secara seksama maka dapat terlihat melunaknya rahim dan leher rahim pada wanita hamil. Ini biasanya terjadi sekita usia kehamilan 2 - 8 minggu.

9. Rahim dan perut membesar 
Rahim dan perut ibu hamil akan terlihat berubah dan agak membesar, hal ini umumnya dimulai pada usia kehamilan 8 - 12 minggu.
 
10. Menurun atau meningkatnya nafsu makan dengan drastis.
Pada kasus tertentu sering terjadi ibu yang dinyatakan positif hamil akan mengalami perubahan nafsu makan, bisa menjadi lebih besar atau menurun. Hal ini juga dibarengi dengan keinginan makan-makanan tertentu (ngidam) secara mendadak di luar kebiasaannya.

Itulah 10 Tanda-tanda kehamilan semoga bermanfaat. terimakasih sudah berkunjung diblog ini. http://bagicantiksehat.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar