Home » , , » 5 Cara Alami Ini Bantu Ringankan Batuk Kering

5 Cara Alami Ini Bantu Ringankan Batuk Kering

Tips Sehat - Batuk merupakan salah satu gejala penyakit yang bisa dialami oleh siapa saja, baik itu anak-anak, muda, dewasa, atau orang yang sudah lanjut usia. Jenis batuk sendiri terbagi kedalam dua bagian, yakni batuk berdahak atau batuk tidak berdahak.

Cara mengetahui apakah Anda sedang mengalami batuk berdahak atau tidak berdahak adalah jika Anda batuk mengeluarkan dahak atau lendir, itu berarti Anda sedang menderita batuk berdahak. Sedangkan batuk tidak berdahak adalah batuk yang tidak sampai mengeluarkan dahak atau lendir. Batuk tidak berdahak ini biasa disebut juga dengan batuk kering.
cara mengobati batuk kering
Ilustrasi batuk kering via adclinic.com
Dibandingkan batuk berdahak, batuk kering ternyata batuk yang paling mengganggu dan juga sering disertai dengan rasa sakit. Beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya batuk kering diantaranya adalah:

1. Adanya infeksi pada sistem pernapasan
2. Meningkatkanya asam lambung
3. Ada penyakit berbahaya dalam tubuh
4. Reaksi alergi
5. Efek samping obat-obatan
6. Cuaca



Untuk mengatasi batuk kering, Anda bisa mengobatinya dengan obat-obatan yang telah disarankan oleh dokter. Atau bisa juga mengobatinya dengan menggunakan metode alami seperti berikut ini.

1. Susu dan madu
Batuk kering bisa diatasi dengan mencampurkan madu kedalam segelas susu. Caranya, siapkan madu dan segelas susu hangat. Campurkan satu sendok makan madu kedalam segelas susu hangat tersebut. Untuk aturan minumnya Anda bisa meminumnya sekali perhari atau diminum sebelum tidur. Minum segelas susu yang dicampur madu bermanfaat untuk membantu meringankan sakit tenggorokan dan peradangan.

2. Jahe
Cara alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan bahan alami seperti jahe. Cara penggunannya, siapkan jahe kemudian potong tipis-tipis. Haluskan jahe kemudian rebus dalam air selama satu jam. Anda bisa menambahkan sedikit gula untuk memberikan rasa manis. Ramuan ini sebaiknya diminum dua kali sehari.

3. Bawang merah
Untuk meredakan batuk bisa juga dengan menggunakan bawang merah yang sudah diiris. Atau bisa juga dengan membuat jus bawang merah yang dicampur dengan madu.

4. Lemon
Siapkan segelas air kemudian campurkan satu sendok makan air lemon dengan satu sendok teh madu. Anda bisa meminum secara rutin setiap hari hingga batuk tersebut mulai reda. Lemon ini mempunyai kandungan vitamin C yang begitu banyak sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Kunyit dan lada hitam
Untuk poin yang terakhir ini, rebus setengah cangkir air kemudian tambahkan beberapa bahan-bahan alami seperti 1 sdt kunyit, 1 sdt bubuk kayu manis, dan 1 sdt bubuk lada hitam. Campurkan semua bahan-bahan alami tersebut dan minumlah ramuan ini 3 kali sehari.

0 komentar:

Posting Komentar