Home » , » TIPS MULAI MEMBERIKAN MAKANAN PADAT DAN SELINGAN PADA BAYI

TIPS MULAI MEMBERIKAN MAKANAN PADAT DAN SELINGAN PADA BAYI

Selah bayi mulai memasuki usia yang lebih besar pada usia bayi sekitar usia 10 bulan secara bertahap bayi mulai diperkenalkan dengan makanan yang lebih kental dan sedikit padat. Bentuk kepadatan nasi tim boleh mendekati kepadatan makanan keluarga. 

Mendekati usia 12 bulan (1 tahun), kebanyakan bayi menunjukan keinginan untuk makan sendiri. Anak mulai diperkenalkan pada pila makan keluarga yang terdiri atas sarapan, makan siang dan makan sore. Perlu diperhatikan makanan yang diberikan didlakukan secara bertahap dan mulai dengan bentuk lunak, bukan makanan dewasa. Porsi makanan anank suai 12 bulan (1 tahun) kira-kira 1/2 dari porsi orang dewasa. Pemberian ASI tetap ditersukan sampai bayi berusia 2 tahun.

Makanan juga perlu diperkenalkan dan dapat diberikan di antara makan  pagi dan makan siang serta di antara makan siang dan makan malam. Makan selingan dapat membantu jika anak tidak cukup menerima porsi makan anak susah makan. Salah satu contoh makanan selingan sehat misalanya, aneka buah-buahan yang bisa diberikan secara bergantian dalam sehari. Aneka jajanan yang diberikan harus diperhatikan jangan sampai mengandung banyak lemak, gula dan garam. Makanan selingan yang bergizi seperti; bubur kacang hijau, pepaya/jeruk. Dengan demikian, selain menyehatkan, anak juga belajar mengenal aneka rasa.

Pemberian makanan selingan dianjurkan jangan terlalu banyak, sehingga anak akan terasa kenyang dan pada akhirinya tidak mau menyantap makanan utama. Apalagi penampilan nasi dan lauk pauknya tidak menarik. Bagi anak melihat sepiring nasi tampaknya seporsi makanan yang mengenyangkan dibandingkan makanan selingan yag porsinya kecil. Oleh karena itu, usahakan menggunakan wadah makan yang menarik bagi anak.

Dari ;  http://bagicantiksehat.blogspot.com/http://bagicantiksehat.blogspot.com/2014/06/tips-mulai-memberikan-makanan-padat-dan.html, Terimakasih sudah berkunjung terimakasih.

Kunjungi juga : TIPS AGAR ANAK MAU MAKAN MAKANAN KELUARGA di sini !!

0 komentar:

Posting Komentar