Home » » 10 Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan

10 Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan

Manfaat sinar matahari untuk kesehatan - Kebanyakan orang berpikir bahwa sinar matahari merupakan musuh bagi mereka karena menurut mereka sinar matahari itu dapat merusak kesehatan kulit mereka. Hal itu memang benar, tapi yang berbahaya itu adalah ketika sinar mataharinya itu sudah pada puncaknya yaitu kurang lebih pada tengah hari. Sinar matahari pada tengah hari banyak mengandung UV yang tentunya ini sangatlah berbahaya untuk kesehatan kulit.

Namun, sinar matahari juga ada baiknya untuk kesehatan yaitu pada waktu pagi hari. Kita tahu Alloh SWT menciptakan sesuatu tentu pasti ada manfaatnya. Contohnya adalah matahari. Meskipun matahari mempunyai dampak buruk terhadap kesehatan kulit, tapi kita tahu sendiri bahwa matahari itu sangat banyak sekali manfaatnya dan dari sekian banyaknya manfaat tersebut, admin akan berikan 10 saja mengenai manfaat sinar matahari untuk kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut ini.

10 Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan

Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan
1. Sinar matahari pagi hari dapat membunuh mikroba. Itulah sebabnya kita harus menjemur karpet atau kasur yang susah untuk di cuci. Paparan sinar matahari dapat membuat kulit kita tampak lebih cerah dan meningkatkan elastisitas. Sinar matahari juga telah terbukti bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Bagi anda yang mempunyai masalah dengan insomia alias tidak bisa tidur, maka bisa anda coba mengatasinya dengan berjemur dipagi hari untuk mendapatkan sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi hormon melatonin di malam hari. Hormon ini berfungsi untuk membantu kita untuk bisa tidur lelap.

3. Sinar matahari pada pagi hari juga bisa menambah suasana hati atau mood seseorang. Sinar matahari juga dapat membantu dalam kasus depresi kronis dan akut dengan cara merangsang sintesis edorfin. Itulah sebabnya kita merasa takut dalam suasana gelap.

4. Dengan vitamin D dan beberapa senyawa lainnya yang dapat menghambat pengembangan sel kanker, paparan sinar matahari yang teratur dan terkontrol dapat melawan penyakit kanker usus, payudara, leukimia.

5. Kulit mensistesa vitamin D dengan adanya bantuan dari sinar matahari. Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium dalam usus yang membuat tulang menjadi lebih kuat. Sinar matahari mencegah rachitis pada anak-anak dan osteoporosis padan lanjut usia.

6. Sinar matahari dapat meningkatkan fungsi daripada organ hati sehingga hal ini sangat efektif sekali untuk mengobati penyakit kuning.

7. Paparan sinar matahari juga bisa memperkuat sistem kardiovakuler, meningkatkan sirkulasi darah, denyut nadi, tekanan arteri dan menormalkan kadar kolesterol.

8. Bagi anda yang mempunyai rencana untuk menurunkan berat badan. Paparan sinar matahari pagi hari juga bisa membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolik melalui stimulasi tiroid.

9. Sinar matahari membantu dalam kinerja ginjal. Hal ini bisa terjadi ketika seseorang mengeluarkan keringat dari tubuhnya yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

10. Sinar matahari juga mampu menolong anda dalam meringankan radang sendi dalam kasus arthritis.

Nah, itulah 10 manfaat sinar matahari untuk kesehatan tubuh kita. Mulai dari sekarang cobalah untuk meluangkan waktu sebentar untuk dapat merasakan hangatnya sinar matahari pagi yang tentunya memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan kita. Ingat ! sehat itu tak selalu harus mahal. Jangan lupa baca juga artikel kami lainnya seperti » Manfaat Air Hangat Untuk Tubuh Kita dan Cara Menanam Bunga Matahari !

Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan ~

0 komentar:

Posting Komentar