Home » » CARA DAN TAHAPAN YANG AMAN MEMANDIKAN BAYI

CARA DAN TAHAPAN YANG AMAN MEMANDIKAN BAYI

Memandikan bayi tentu berbeda dengan memandikan anak yang sudah besar di atas 3 tahun. Untuk memandikan bayi ada hal-hal penting yang harus diperhatikan, terutama dari segi keamanan dan kebersihan dalam acara mandi tersebut. Berikut ini cara dan tahapan-tahapan yang aman untuk memandikan sibayi;
Sebelum memandikan bayi persiapkan segala sesuatu lebih dahulu seperti pelengkapan mandi, seperti handuk, sabun, dan sampo bayi, ditaruh di dekat bak mandi bayi. Tuang air dingin ke dalam bak mandi, baru kemudian masukan air panas. Dengan begitu, dasar bak mandi tidak menjadi panas. Idealnya, suhu air mandi bayi sampai usia 2 bulan adalah 40 Derajat Celcius. Setelah usia itu, boleh diturunkan sampai 27 Derajat Celcius. Ukur suhu air dengan termometer khusus atau bisa juga dengan cara sederhana menggunakan siku kita. Setelah persiapan di atas selesai barulah kegiatan mandi-mandi sikecil bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini;

  1. Pertama-tama siram perlahan tubuh si kecil dengan air yang sudah disediakan, lalu cucilah rambutnya. Sabuni seluruh tubuh si kecil dengan sabun bayi, termasuk lipatan-lipatan di kaki, tangan , paha, dan leher. Seluruh kegiatan ini dilakukan di atas baby tafel.
  2. Angkatan si kecil dengan cara selipkan tangan kiri anda di bawah tengkuknya, lalu pegang erat-erat ketiaknya. Nah, tangan kanan anda bisa memegang tubuhnya dengan kuat tapi lembut.
  3. Masukan bayi kebak mandi. Sangga kepala dan ketiaknya dengan tangan kiri anda, sementara tangan kanan membersihkan sabun di seluruh tubuh.
  4. Untuk membersihkan pungguhnya, balikan tubuh bayi dengan cara sangga tubuhnya dan pengang erat ketiaknya dengan tangan kiri anda. Nah, tangan kanan anda mulai membersihkan tubuh bayi dengan perlahan.
  5. Setelah selesai angkat sikecil dari air, lalu bungkus dengan handuk yang lembut.
  6. Keringkat tubuh bayi dengan cara menekan-nekan handuk secara perlahan keseluruh tubuhnya, termasuk dibagian wajah, telinga dan kepala.
Demikian lah cara dan tahapan yang aman memandikan bayi, semoga bermanfaat. terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar