Home » , , » Cara Mengatasi Kulit Kering Dengan Mudah

Cara Mengatasi Kulit Kering Dengan Mudah

Tips Sehat dan Cantik - Kulit kering merupakan salah satu masalah kulit yang banyak dialami oleh pria atau wanita. Diantara mereka ada yang membiarkannya dan ada pula yang ingin segera mengatasi masalah kulit kering yang tengah dialaminya.

Dalam dunia medis, masalah kulit kering disebut juga dengan istilah iktiosis. Iktiosis adalah hilangnya kelembaban lapisan kulit epidermis yang akhirnya membuat kulit menjadi kurang elastis. Mempunyai kulit kering akan memicu timbulnya masalah kulit lainnya, seperti kulit sensitif, kulit kusam, kulit kemerahan, dan lain-lain.
cara mengatasi kulit kering dengan alami
Ilustrasi kulit kering via wilsonssyndrome.com
Ada cukup banyak hal yang bisa membuat Anda mengalami masalah kulit yang satu ini. Beberapa penyebab terjadinya kulit kering adalah faktor genetika, obat-obatan, kekurangan cairan, paparan sinar matahari, kurangnya vitamin E dan B2, serta penyebab lainnya.

Untuk mengatasi masalah kulit kering, dibawah ini ada beberapa cara mengatasi kulit kering yang bisa Anda coba.

1. Pilihlah pelembab yang cocok
Pelembab kulit memang bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko yang menjual produk kecantikan. Hanya saja produk-produk tersebut belum tentu semuanya cocok dengan jenis kulit Anda. Jika Anda telah memilih salah satu produk pelembab kulit namun tetap tidak memberikan hasil yang memuaskan, cobalah ganti dengan produk pelembab yang lain atau bisa juga konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.



2. Perbanyak minum air putih
Kulit kering bisa menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan cairan. Oleh karena itu, rajin-rajinlah minum air putih supaya kulit tetap terhidrasi dan terjaga kelembabannya.

3. Hindari mandi dengan air panas
Jika selama ini Anda mandi dengan menggunakan air panas, maka mulai dari sekarang tinggalkanlah kebiasaan tersebut. Hal ini penting dilakukan karena air panas bisa meluruhkan minyak alami dari sel kulit sehingga akhirnya mengurangi tingkat kelembaban kulit Anda.

4. Gunakan tabir surya
Paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab terjadinya kulit kering. Oleh karena itu, jika Anda ingin pergi keluar, sebaiknya lindungi kulit Anda dengan mengoleskan tabir surya.

Selain cara diatas, dibawah ini juga masih ada beberapa cara mengatasi kulit kering yang dikhususkan pada daerah wajah.

1. Menggunakan minyak zaitun, lemon, dan telur
Bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, lemon, dan telur bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah kulit wajah yang kering dan kusam. Caranya, campurkan kuning telur dengan minyak zaitun secukupnya. Kocok sampai merata dan tambahkan beberapa tetes air lemon. Sebelum digunakan, bersihkan wajah terlebih dahulu dari kotoran atau debu yang menempel di wajah. Setelah itu baru oleskan campuran tersebut ke seluruh permukaan kulit wajah. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

2. Menggunakan alpukat dan madu
Dua bahan alami ini tidak perlu diragukan lagi khasiatnya terhadap kecantikan. Untuk penggunannya, campurkan 1 sendok makan madu murni dengan buah alpukat yang telah dihaluskan sebelumnya. Setelah semuanya tercampur secara merata, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-30 menit. Setelah itu bilas dengan air.

3. Menggunakan pisang dan minyak zaitun
Cara mengatasi kulit wajah kering yang berikutnya ini adalah dengan memanfaatkan buah pisang dan minyak zaitun. Cara menggunakannya pun cukup sederhana, pertama-tama Anda siapkan buah pisang kemudian haluskan. Tambahkan 2-3 tetes minyak zaitun lalu aduk sampai merata. Setelah itu gunakan sebagai masker wajah dan diamkan selama beberapa menit. Setelah masker mengering jangan lupa bersihkan wajah dengan air sampai bersih.

Beberapa cara mengatasi kulit kering yang telah dibahas diatas memang membutuhkan perawatan secara teratur supaya bisa memberikan hasil yang optimal. Jika dengan cara diatas masih belum teratasi juga, segeralah konsultasikan masalah kesehatan kulit Anda kepada dokter.

0 komentar:

Posting Komentar