Home » , » 3 Tips Mendidik Anak Supaya Bijak Dalam Mengelola Keuangannya

3 Tips Mendidik Anak Supaya Bijak Dalam Mengelola Keuangannya

Tips Sehat dan Cantik - Setiap orangtua ingin selalu melakukan yang terbaik untuk anak-anaknya. Ini dilakukan karena kita sebagai orangtua tentunya ingin anak kita tumbuh menjadi pribadi yang baik. Selain memberikan kasih sayang sepenuhnya, sebagai orangtua kita juga mesti mengajarkan kepada anak-anak tentang bagaimana cara menghasilkan maupun mengelola apa yang ia miliki secara bijak.

Sebagai orangtua tentunya kita mesti mengajarkan kepada anak-anak mengenai kerja keras dan bagaimana cara mengatur keuangan secara bijak. Sehingga ketika ia tumbuh dewasa, ia akan lebih pandai dalam mengelola keuangannya. Lantas, bagaimana cara mendidiknya? Simak 3 tips sederhana berikut ini.
tips anak pintar menabung
Belajar menabung via valpak.com
1. Ajak anak diskusi mengenai keuangan
Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa sering diskusi dengan si kecil mengenai hal-hal seputar uang dapat menentukan tingkat kepahaman mereka dalam hal mengelola keuangannya. Bila buah hati Anda masih terlalu kecil untuk memahami apa itu investasi, Anda bisa mengajarkan kepada mereka tentang bagaimana cara mengatur keuangannya dengan menabung. Akan tetapi, jika si kecil sudah bisa memahami tentang keuangan, Anda sudah bisa mengenalkan kepada mereka tentang investasi.

2. Menjadi contoh bagi si kecil
Umumnya, anak-anak akan lebih mudah meniru kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh orangtuanya. Jika Anda ingin si kecil pandai dalam mengelola keuangannya, maka akan jauh lebih mudah jika Anda bisa menjadi contoh bagi dirinya. Berikan contoh kepada mereka dengan cara menerapkan pola hidup hemat dengan uang yang Anda miliki.

3. Ajarkan tentang tanggung jawab
Setelah Anda menerapkan 2 tips sebelumnya, sekarang tiba saatnya untuk melatih si kecil bagaimana mengelola keuangannya secara bijak. Bagaimana caranya? Cobalah berikan uang jajan dalam jumlah yang cukup untuk digunakan selama satu minggu. Beritahukan pada si kecil bahwa jika uangnya habis sebelum satu minggu, ia tidak akan diberi uang lagi. Ini penting dilakukan supaya si kecil memiliki tanggung jawab sendiri dalam mengelola keuangan yang dimilikinya.

Setelah menyimak 3 tips diatas, rupanya tidak terlalu sulit bukan untuk mengajarkan kepada anak bagaimana cara mengelola keuangannya supaya lebih bijak? Selamat mencoba ya!

0 komentar:

Posting Komentar