Home » , » Konsumsi Buah dan Sayur Ini Sebaiknya Tidak Dikupas

Konsumsi Buah dan Sayur Ini Sebaiknya Tidak Dikupas

Tips Sehat dan Cantik – Memang tidak semua orang suka mengonsumsi buah dan sayur tanpa harus mengupas kulitnya terlebih dahulu. Akan tetapi, tidak semua jenis buah dan sayur yang bila dikonsumsi mengharuskan Anda untuk mengupas kulitnya. Kenapa? Karena beberapa jenis buah dan sayuran justru akan semakin bernutrisi bila dikonsumsi dengan kulitnya. Selain lebih bernutrisi, Anda juga akan lebih menghemat waktu karena mengupas buah dan sayuran biasanya cukup memakan waktu.

Meskipun tekstur kulit buah dan sayur sedikit keras, namun nutrisi yang tersimpan dibawah kulit ternyata malah jauh lebih baik. Ingin tahu apa saja buah dan sayur yang sebaiknya dikonsumsi tanpa harus dikupas kulitnya?
mengonsumsi buah dan sayur tanpa dikupas
Ubi manis via thecherryshare.com
1. Kentang
Sekarang ini kentang merupakan salah satu makanan yang paling banyak digemari. Biasanya kentang disajikan dengan cara digoreng, dipanggang, atau direbus. Namun sungguh disayangkan, biasanya kentang tersebut disajikan dalam keadaan sudah dikupas kulitnya. Padahal, sekitar 20% nutrisinya seperti vitamin B dan sejumlah mineral lainnya berada dibawah kulit kentang. Oleh karena itu, sebaiknya mengonsumsi kentang bersama kulitnya. Sebelum dikonsumsi bersama kulitnya, sebaiknya cuci kentang terlebih dahulu dibawah air mengalir hingga kotoran yang melekat pada kulitnya menghilang.

2. Ubi manis
Seperti yang Anda ketahui bahwa ubi manis terdiri dari beberapa jenis, yaitu ubi kuning, ungu, dan oranye. Teksturnya yang empuk membuatnya sangat mudah untuk diolah menjadi beragam camilan, kue, bahkan bisa juga dibuat gulai. Dibagian bawah kulit ubi manis ini terdapat beberapa kandungan nutrisi yang diantaranya adalah vitamin C, potasium, dan betakaroten yang bermanfaat bagi tubuh. Tekstur kulit pada ubi manis tidak terlalu tebal dan hampir mirip dengan kulit pada kentang.

3. Terung
Tidak jauh berbeda dengan ubi manis, terung juga terdiri dari beberapa jenis seperti terung hijau, putih, dan ungu. Selain itu tekstur yang dimilikinya pun juga empuk sehingga tidak menyulitkan Anda ketika dikunyah. Pada kulit terung terdapat phitonutrisi yang disebut dengan nasunin. Antioksidan yang dimilikinya juga baik untuk membantu perbaikan sel tubuh dan juga mencegah proses penuaan dini. Karena kulit terung tidak terlalu keras, sebaiknya konsumsilah terung bersama kulitnya.

4. Mentimun
Pada kulit mentimun yang hijau tua memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh. Disamping itu serat yang dimilikinya pun juga baik untuk sistem pencernaan. Walaupun kulitnya agak keras, akan tetapi mentimun tetap enak dikonsumsi meskipun dengan kulitnya.

5. Wortel
Wortel dikenal dengan kandungan vitamin A didalamnya yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Rasanya yang begitu renyah dan sedikit manis membuat banyak orang menyukainya. Mengonsumsi wortel sebaiknya jangan dikupas kulitnya, karena dibawah kulit wortel tersimpan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas. Cukup dengan membersihkannya dibawah air yang mengalir dan wortel pun sudah siap untuk dinikmati dengan kulitnya yang tipis.

6. Apel
Pada umumnya orang lebih suka mengonsumsi apel bila kulitnya dikupas terlebih dahulu. Padahal, kandungan serat, vitamin C, triterpenoids, dan quercetin berada dibagian bawah kulit apel. Beberapa nutrisi ini bermanfaat untuk memberantas sel kanker.

Itulah beberapa jenis buah dan sayur yang sebaiknya dikonsumsi tanpa harus mengupas kulitnya terlebih dahulu. Namun perlu di ingat juga ya, pastikan Anda mencucinya sampai bersih sebelum Anda mengonsumsinya.

0 komentar:

Posting Komentar