Home » , , » 4 Cara Ini Bantu Obati Luka Bakar Ringan

4 Cara Ini Bantu Obati Luka Bakar Ringan

Tips Sehat dan Cantik - Luka bakar merupakan salah satu kecelakaan yang seringkali terjadi terutama bagi Anda yang suka memasak. Terkena panci atau wajan yang masih panas atau terkena percikan minyak panas pada saat menggoreng suatu masakan merupakan hal yang biasa terjadi. Bila mengalami hal seperti ini, tak jarang Anda pun akan mulai merasakan panas di kulit dengan luka bakar ringan.

Untuk mengobati luka bakar ringan yang diakibatkan oleh beberapa kejadian yang telah disebutkan diatas, maka 4 cara ini bisa Anda coba dirumah guna mengatasi luka bakar ringan tersebut.
cara menyembukan luka bakar
Mengalirkan air untuk obati luka bakar via abcnewsradioonline.com
1. Menggunakan lidah buaya
Apakah dihalaman rumah Anda terdapat tanaman lidah buaya? Nah, tanaman lidah buaya ini termasuk kedalam salah satu tanaman obat-obatan yang bermanfaat untuk mendinginkan kulit serta membantu mengatasi berbagai macam masalah kulit yang salah satunya adalah luka bakar terkena panas. Untuk penggunaannya sendiri Anda bisa langsung mengoleskan cairan yang ada dalam lidah buaya pada kulit yang mengalami luka bakar. Cara ini cukup efektif karena cairan lidah buaya memiliki pH yang hampir sama dengan kulit Anda.

2. Kompres dengan menggunakan teh celup
Bila pada saat Anda memasak terkena wajan panas atau tanpa sengaja kaki Anda menyentuh knalpot panas, maka Anda juga bisa mengobati luka bakar tersebut dengan memanfaatkan teh celup. Caranya adalah masukkan teh celup kedalam segelas air panas kemudian dinginkan kantong teh celup tersebut. Kompres kulit yang mengalami luka bakar dengan kantong teh celup tadi untuk mendinginkan sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

3. Menggunakan kentang mentah
Cara mengobati luka bakar ringan selanjutnya bisa dengan memanfaatkan kentang mentah. Secara alami, kentang mentah mempunyai sifat anti-inflamasi dan juga mendinginkan kulit. Oleh karena itu, luka bakar bisa diatasi dengan kentang mentah. Bagaimana caranya? Cukup dengan mengiris tipis kentang mentah kemudian tempelkan pada kulit yang terluka. Bila memungkinkan Anda juga bisa menekan kentang tersebut supaya dapat lebih cepat meredakan panas.

4. Mengalirkan air ke bagian luka bakar
Bila dirumah Anda tidak memiliki beberapa bahan alami yang telah disebutkan diatas, maka cara yang ke empat ini bisa juga Anda lakukan untuk menghilangkan luka bakar di kulit. Cara yang satu ini memang mudah, namun Anda akan memakan waktu yang cukup lama dan juga boros air. Mengapa demikian? Karena Anda akan mengobatinya dengan cara mengalirkan air secara terus-menerus ke tangan Anda hingga luka bakar ringan tersebut mulai membaik dan kulit Anda pun tidak merasakan panas dan juga pedih lagi.

Itulah 4 cara mengobati luka bakar ringan yang diakibatkan oleh terkena percikan minyak panas, air panas, wajan panas, knalpot panas, dan lain sebagainya yang mampu membuat kulit Anda mengalami luka bakar ringan. Semoga tips kali ini bermanfaat ya dan selamat mencoba...

0 komentar:

Posting Komentar