Home » , » 9 Manfaat Nanas Yang Baik Untuk Kesehatan

9 Manfaat Nanas Yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Nanas Bagi Kesehatan – Nanas adalah salah satu tumbuhan tropis yang berasal dari Bolivia, Brasil, dan Paraguay. Buah nanas mempunyai aroma yang begitu khas yang merupakan perpaduan antara asam dan manis. Sehingga tidak heran kalau mengonsumsi buah yang satu ini bisa membuat tubuh Anda terasa segar kembali. Buah nanas baik dikonsumsi secara langsung, namun biasanya kebanyakan orang lebih memilih untuk diolah terlebih dahulu menjadi jus atau selai.

Selain banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan, buah nanas pun tak jarang ada juga yang memanfaatkannya sebagai bahan pengobatan alternatif atau pun sebagai perawatan kecantikan. Buah nanas kaya akan nutrisi. Beberapa kandungan nutrisi tersebut diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, fosfor, mangan, zat besi, kalium, natrium, thiamin, sukrosa, dan berbagai serat lainnya.
manfaat buah nanas
Ilustrasi buah nanas via thechunkshop.com
Kandungan nutrisi yang ada pada buah nanas memang cukup banyak dan berikut ini merupakan 9 manfaat buah nanas yang baik untuk kesehatan Anda.

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan


1. Mencegah kanker
Manfaat buah nanas yang pertama adalah membantu Anda dalam mencegah terjadinya kanker. Buah nanas mempunyai zat karsinogenik yang mampu melindungi sel-sel dari kerusakan sekaligus membantu meregenerasi sel-sel yang telah rusak. Sel-sel rusak yang dibiarkan begitu saja akan semakin banyak sehingga dapat mengakibatkan penuaan dini dan juga menimbulkan berbagai macam penyakit.

2. Mencegah terjadinya penggumpalan darah
Selain enak, buah nanas juga efektif untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah serta membantu produksi hemoglobin didalam tubuh. Selain itu buah nanas juga mengandung zat tembaga yang bermanfaat untuk mencegah osteoporosis, masalah tiroid, penurunan jumlah sel darah putih, dan anemia.

3. Mengatasi asam urat
Buah nanas mempunyai sifat diuretik karena terdapat kandungan enzim bromelain dan juga kalium. Sifat diuretik ini cukup efektif untuk membantu mengatasi masalah asam urat. Namun perlu di ingat juga ya, jangan mengonsumsi buah nanas yang sudah terlalu matang. Hal ini dikarenakan buah nanas yang terlalu matang mengandung sejumlah alkohol yang akan mengakibatkan kadar asam urat meningkat.

4. Mengatasi perut kembung
Buah nanas mengandung zat bromelain yang berguna untuk memecah makanan sehingga hal itu akan mengurangi kembung didalam perlut. Tidak hanya itu saja, zat bromelain juga cukup efektif dalam hal mengurangi rasa sakit dari osteoarthritis, mengurangi peradangan setelah operasi, dan mengobati pembengkakan hidung pada saat terjadi infeksi sinusitis.

5. Menjaga kesehatan kulit
Buah nanas juga bisa diandalkan untuk membantu mengatasi masalah peradangan di kulit. Caranya adalah sediakan buah nanas yang sudah matang kemudian kupas bagian kulitnya. Potong menjadi dua bagian dan ambil salah satunya untuk di parut. Gunakan hasil parutan tersebut untuk digosokan kepada bagian kulit yang mengelupas atau bersisik. Sebaiknya lakukan perawatan ini pada malam hari sebelum tidur. Setelah bangun dari tidur baru dicuci.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mengonsumsi buah nanas juga sangat efektif untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Kandungan senyawa alami seperti asam amino esensial dan non esensial telah diketahui sejak lama bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun sekaligus mengatasi rasa lelah.

7. Menurunkan berat badan
Buah nanas memiliki enzim proteiolitik yang bekerja untuk menghambat penyerapan lemak didalam saluran pencernaan hingga terbuang bersama feses. Selain itu, dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi akan membantu meningkatkan proses pembakaran lemak didalam tubuh.

8. Menurunkan tekanan darah
Darah tinggi atau hipertensi bisa juga diatasi dengan mengonsumsi buah nanas. Hal ini dikarenakan buah nanas mengandung mineral kalium yang bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Disamping itu, kandungan seratnya pun bermanfaat untuk mencegah penyerapan lemak di saluran pencernaan sehingga tidak menimbulkan penimbunan di pembuluh darah yang nantinya dapat menyebabkan tekanan darah menjadi naik.

9. Menjaga kesehatan gigi
Bagaimanapun juga menjaga kesehatan gigi sangatlah penting. Nah, salah satu cara menjaga gigi tetap sehat bisa dengan mengonsumsi buah nanas. Kandungan vitamin C yang tinggi akan membantu mencegah timbulnya plak pada gigi yang bila terus dibiarkan akan menimbulkan nyeri pada gusi dan gigi. Supaya hasilnya lebih optimal, jangan lupa untuk selalu rajin menggosok gigi dan mengurangi makan makanan yang manis-manis.

Buah nanas yang dikonsumsi secara langsung jauh lebih baik karena masih mengandung beberapa vitamin, mineral, dan juga serat. Meskipun manfaat buah nanas cukup banyak, hal itu bukan berarti Anda bisa dengan bebas mengonsumsi buah nanas dalam jumlah yang banyak. Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar