Home » , , » 6 Aturan Tidur Siang Yang Mesti Dipatuhi

6 Aturan Tidur Siang Yang Mesti Dipatuhi

Tips Sehat - Bicara soal tidur siang memang bikin ngantuk, tapi kalau belum waktunya sih sebaiknya jangan dulu dilakukan. Karena selain memberikan dampak positif, tidur siang yang dilakukan tanpa memperhatikan aturannya juga bisa memberikan dampak negatif pada diri Anda.

Misalnya saja Anda berniat tidur siang dengan tujuan untuk menggantikan tidur Anda semalam yang kurang. Jika dilakukan sesekali mungkin tidaklah masalah. Tapi, jika hal ini menjadi kebiasaan, besar kemungkinan malah memperburuk masalah yang Anda alami.
aturan aturan tidur siang
Ilustrasi tidur siang via vox.com
Sebelumnya kami juga telah mengulas seputar manfaat tidur siang. Jika Anda ingin menyimaknya, silahkan klik Manfaat Tidur Siang Yang Jarang Diketahui. Untuk mendapatkan manfaat dari tidur siang, sebenarnya ada aturan-aturan yang mesti diperhatikan. Apa saja aturan tidur siang tersebut?

1. Tidur siang yang singkat
Tidak perlu tidur siang cukup lama untuk membuat Anda kembali bersemangat. Tidur yang singkat saja sebenarnya sudah bisa membuat tubuh Anda kembali segar. Selain itu, tidur siang yang singkat juga tidak akan mengganggu waktu tidur Anda pada malam hari. Batasi tidur siang Anda antara 10-20 menit atau maksimalnya sampai 40 menit.



2. Sehari cukup sekali
Meskipun tidur siangnya sebentar, tapi dilakukan berulang kali dalam sehari, hal ini juga tidak baik dan bisa mengganggu waktu tidur di malam hari. Bilamana Anda seharian merasa ngantuk dan butuh beberapa kali tidur siang, itu berarti ada yang salah pada siklus tidur Anda di malam hari. Cobalah untuk konsultasikan dengan dokter Anda, bisa saja Anda menderita kelainan tidur.

3. Tidur siang, bukan sore
Namanya tidur siang ya dilakukannya di siang hari, jangan sore. Jika Anda ingin melakukan tidur siang, usahakan Anda bangun sebelum jam 3 sore. Ini bertujuan supaya tidur siang Anda tidak mengganggu waktu tidur Anda pada malam hari.

4. Pasang alarm
Bagi Anda yang ingin menangkan diri sejenak dengan tidur siang, jangan lupa untuk memasang alarm. Ini adalah cara terbaik supaya Anda tidak tidur siang secara berlebihan. Dengan tidur siang yang singkat, badan akan kembali terasa segar.

5. Buat catatan
Aturan yang kelima ini juga cukup penting untuk diperhatikan. Cobalah untuk menuliskan berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk tidur siang dan tidur pada malam hari. Ini akan membantu Anda apakah tidur siang yang dilakukan memberikan dampak baik atau buruk terhadap istirahat Anda pada malam hari.

6. Tidak semua orang cocok untuk tidur siang
Meskipun tidur siang dapat membuat tubuh kembali bersemangat, tapi tidak semua orang cocok dengan tidur siang. Jika Anda merasa kesulitan untuk bangun dari tidur siang, merasa lemah dan tidak semangat pada saat bangun, sebaiknya jangan meneruskan kebiasaan tidur siang tersebut. Bila Anda membutuhkan sesuatu untuk mengembalikan semangat atau energi Anda, cobalah untuk minum segelas air putih, berjalan-jalan ringan, atau sedikit bercanda dengan teman atau rekan kerja.

Sebelum Anda merutinkan tidur siang, cobalah untuk memastikan apakah tidur siang yang dilakukan memberikan manfaat baik atau malah sebaliknya. Selama itu baik, jagalah kebiasaan tersebut. Bila sebaliknya, usahakan untuk tidak melanjutkannya.

0 komentar:

Posting Komentar