Home » , » 6 Jenis Makanan Ini Kaya Akan Lemak Baik

6 Jenis Makanan Ini Kaya Akan Lemak Baik

Tips Sehat dan Cantik - Tidak sedikit orang yang benci dengan lemak, karena mereka mempunyai anggapan bahwa lemak itu dapat memicu timbulnya beragam masalah terhadap kesehatan. Misalnya, penyakit jantung, kanker, stroke, dan lain-lain. Anggapan tersebut memang benar, akan tetapi lemak dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan bilamana kita mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Pada dasarnya, semua lemak itu baik dan diperlukan oleh tubuh guna menjaga kelangsungan hidup manusia. Peran lemak disini adalah untuk menyediakan energi sebesar 9 kalori/gram, melarutkan vitamin A, vitamin D, vitamin E, Vitamin K, serta menyediakan asam lemak esensial bagi tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan lemak harian Anda, maka salah satu cara untuk memenuhinya adalah dengan mengonsumsi makanan.
makanan kaya akan lemak baik
Ilustrasi buah alpukat via afromum.com
Nah, berikut ini setidaknya ada 6 jenis makanan yang kaya akan lemak baik didalamnya. Apa saja makanan tersebut? Langsung simak saja ulasannya berikut ini.

1. Ikan
Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang tentunya sangat baik untuk tubuh. Menurut American Heart Association, setiap orang disarankan untuk mengonsumsi ikan setidaknya dua porsi disetiap minggunya. Anda bisa mengonsumsi ikan segar seperti salmon, tuna, trout, sarden, dan mackerel.

2. Kacang
Kacang-kacangan seperti hal nya kenari, almond dan juga pistachio merupakan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Kacang kenari kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Kacang almond kaya akan kandungan vitamin E didalamnya. Sedangkan kacang pistachio memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin. Serta, kacang pistachio juga mempunyai kandungan lemak yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan yang lainnya.

3. Telur
Telur merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein dan kita tahu bahwa protein juga dibutuhkan oleh tubuh kita. Mengonsumsi telur bagian putih telurnya saja memang baik, akan tetapi bagian kuning telurnya juga baik untuk tubuh. Didalam kuning telur tersimpan cukup banyak kandungan gizi penting dan juga lemak. Didalam satu butir telur terdapat kandungan 5 gram lemak dan hanya sekitar 1.5 gram saja yang mengandung lemak jenuh.

4. Buah alpukat
Buah alpukat yang seringkali dibuat jus atau digunakan sebagai bahan alami produk kecantikan ternyata mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan lemak tersebut bermanfaat untuk membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun terkenal akan khasiatnya yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah, dan juga beberapa jenis kanker. Menurut sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan di Neulorogy mengatakan bahwa memasak dengan minyak zaitun kemudian menggunakannya sebagai campuran untuk salad mampu mengurangi risiko stroke. Perlu diketahui juga bahwa satu sendok minyak zaitun mengandung 100 kalori.

6. Mentaga kacang
Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan pistachio baik untuk kesehatan. Hal ini berlaku juga untuk mentega kacang karena mengandung protein dan juga serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, sebaiknya pilihlah mentega kacang yang hanya mengandung sedikit bahan campurannya. Apalagi dengan mentega kacang yang mengandung gula tambahan, sebaiknya di hindari saja.

Itulah 6 jenis makanan yang mengandung lemak baik didalamnya. Meskipun lemak sering dianggap sebagai pemicu timbulnya sejumlah penyakit, akan tetapi kalau di konsumsi secara wajar dapat bermanfaat juga untuk tubuh. Selamat mencoba makanan sehat diatas ya...

0 komentar:

Posting Komentar