Home » , » 8 Manfaat Kesehatan dari Biji Chia

8 Manfaat Kesehatan dari Biji Chia

Tips Sehat dan Cantik - Biji-bijian merupakan salah satu jenis makanan menyehatkan yang pada saat ini mulai banyak diminati oleh masyarakat dunia. Salah satu makanan biji-bijian yang cukup populer adalah biji chia. Biji chia berasal dari tanaman yang memiliki nama latin salvia hispanica yang mempunyai bentuk hampir mirip dengan selasih. Makanan menyehatkan ini memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi yang sekaligus sebagai sumber energi.

Pada umumnya, biji chia memiliki bentuk lonjong dengan diameter 1 mm. Memiliki warna yang cukup beragam seperti cokelat, hitam, abu-abu, dan putih. Biji chia rupanya mempunyai sifat hydrophilic atau menyerap cairan hingga 12 kali lebih besar dari berat total. Sehingga bilamana biji chia direndam dalam air dalam waktu yang cukup lama, tekstur yang dimilikinya akan berubah menjadi seperti gel.

Meskipun bentuknya begitu kecil dan mungil, akan tetapi makanan tersebut sarat akan vitamin dan juga mineral serta memiliki jumlah kalori yang sangat rendah. Berikut ini merupakan beberapa manfaat biji chia yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Biji Chia Bagi Kesehatan

manfaat dari biji chia
Biji chia via yourfoodlife.com
1. Menurunkan berat badan
Salah satu manfaat utama dari biji chia adalah mampu membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena mengonsumsi biji chia mampu membantu mengontrol nafsu makan Anda. Oleh karena itu, bagi Anda yang saat ini tengah menjalankan program diet, memasukan biji chia kedalam menu diet Anda sangatlah tepat.

2. Membantu atasi diabetes
Biji chia adalah salah satu makanan yang tepat untuk membantu mengatasi diabetes karena mempunyai fungsi untuk mengatur kadar insulin darah. Bila Anda merendam biji chia didalam air hangat kemudian muncul lapisan yang mirip dengan agar-agar, maka lapisan tersebut baik untuk mengendalikan kadar gula darah Anda.

3. Menguatkan gigi dan tulang
Tahukah Anda bahwa mengonsumsi biji chia dalam satu porsi saja akan mampu memenuhi seperlima kebutuhan kalsium harian Anda. Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa kalsium sangatlah baik untuk membantu memperkuat tulang dan gigi serta memperkecil peluang terjadinya osteoporosis. Disamping itu, biji chia juga kaya akan mangan, fosfor, dan juga magnesium yang mana semuanya itu baik untuk kesehatan tulang Anda.

4. Menyehatkan otak
Untuk menjaga otak supaya tetap sehat, mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega-3 tentu saja sangat dianjurkan. Salah satu makanan yang kaya akan kandungan omega-3 adalah biji chia. Bahkan, jumlah asam lemak omega-3 pada biji chia lebih banyak bila dibandingkan dengan ikan salmon.

5. Meningkatkan sistem pencernaan
Biji chia memiliki kandungan serat yang cukup banyak yang bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan tubuh, meningkatkan sistem pencernaan, dan menurunkan kadar kolesterol.

6. Melindungi radikal bebas
Zat anti-oksidan yang terdapat dalam biji chia akan mampu melindungi tubuh Anda dari penuaan dini, radikal bebas, dan juga kanker.

7. Menyehatkan jantung
Mengonsumsi biji chia secara rutin dan teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam darah. Dengan demikian, hal itu tentu saja bermanfaat untuk mendukung kesehatan organ jantung Anda.

8. Memaksimalkan manfaat olahraga
Anda sudah tahukan bahwa olahraga itu baik dan bermanfaat untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Nah, sebuah penelitian kesehatan telah menujukkan bahwa mengonsumsi biji chia akan mampu meningkatkan manfaat olahraga itu sendiri. Hal ini dikarenakan biji chia akan memberikan sejumlah nutrisi yang sekaligus mengurangi asupan gula.

Saat ini biji chia sangat mudah sekali untuk didapatkan, jadi tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak mengonsumsi makanan yang menyehatkan ini. Oh iya, Anda juga bisa kok mengolah biji chia sebagai campuran jus atau bahan makanan lainnya. Semoga informasi mengenai manfaat biji chia untuk kesehatan ini bermanfaat untuk Anda.

0 komentar:

Posting Komentar