Home » , » 5 Tips Ini Perlu Di Perhatikan Ketika Ingin Melakukan Meditasi

5 Tips Ini Perlu Di Perhatikan Ketika Ingin Melakukan Meditasi

Tips Sehat dan Cantik – Melakukan meditasi itu memang banyak sekali manfaatnya, salah satu manfaat terbesar dari meditasi adalah untuk ketenangan pikiran kita. Ketika pikiran kita sudah merasa tenang, maka tingkat produktivitas kita dalam bekerja pun akan meningkat. Kita akan lebih fokus dan berkonsentrasi penuh terhadap suatu pekerjaan, tingkat emosi akan lebih mudah terjaga, dan membuat kita lebih bersemangat untuk menjalani suatu kehidupan.

Melakukan meditasi itu tidak cukup hanya sekedar duduk kemudian menutup mata. Anda setidaknya harus melakukan lebih dari itu untuk bisa merasakan manfaat besar dari meditasi.  Apa saja sih hal-hal yang harus diperhatikan pada saat ingin melakukan meditasi? Simak ulasannya seperti berikut ini.
tips melakukan meditasi
Tenangkan pikiran dengan meditasi via infertility.org
1. Pilihlah waktu yang tepat
Untuk melakukan meditasi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih waktu yang tepat untuk melakukan meditasi. Kapan waktu yang tepat untuk memulai meditasi? Waktu yang paling tepat untuk melakukannya adalah di pagi hari dimana otak dan pikiran kita masih terasa segar. Selain itu, cuaca di pagi hari juga sangat mendukung supaya meditasi yang dilakukan lebih berkualitas. Kalau Anda memiliki kesibukkan di pagi hari, Anda juga bisa melakukan meditasi pada saat pulang kerja atau sebelum pergi tidur.

2. Pilihlah tempat yang nyaman
Setelah Anda menentukan waktu yang tepat untuk melakukan meditasi, sekarang tiba saatnya bagi Anda untuk menentukan dimana atau lokasi seperti apa yang pas buat Anda untuk bisa melakukan meditasi. Memilih tempat untuk meditasi sebenarnya tidaklah terlalu sulit, yang Anda perlukan hanyalah tempat yang nyaman yang mampu meningkatkan tingkat konsentrasi Anda ketika sedang melakukan meditasi. Anda bisa kok melakukannya di kamar, taman, atau tempat yang lainnya. Yang jelas, tempat tersebut terasa nyaman dan jauh dari keramaian yang malah mengganggu konsentrasi Anda.

3. Perut harus dalam keadaan kosong
Melakukan meditasi dalam keadaan perut kenyang sangat sulit untuk bisa konsenstrasi. Dalam kondisi seperti ini, niatnya ingin bisa lebih konsentrasi malah ngantuk yang didapatkan. Supaya meditasi yang dilakukan bisa berjalan dengan lebih baik, sebaiknya lakukanlah meditasi di pagi hari sebelum sarapan atau bisa juga melakukan meditasi setidaknya dua jam setelah makan.

4. Bersiaplah
Setelah ketiga poin diatas Anda penuhi dengan baik, sekarang sudah tiba saatnya bagi Anda untuk melakukan meditasi. Cobalah Anda duduk dalam posisi kaki bersila kemudian pejamkan mata Anda sambil menarik napas. Biarkanlah tubuh Anda merasa tenang dan nyaman. Pastikan mata Anda tetap terpejam selama meditasi masih berlangsung.

5. Konsentrasi
Konsentrasi adalah hal yang sangat penting dalam meditasi. Namun sayang, ternyata masih banyak orang yang menganggap remeh konsentrasi ini. Kurangnya konsenstrasi dalam  meditasi dapat menggagalkan meditasi yang sedang dilakukan. Apalagi jika Anda adalah termasuk orang yang gampang sekali kehilangan konsentrasi. Memang sih untuk berkonsentrasi itu tidak mudah. Oleh sebab itu, cobalah untuk mencobanya beberapa menit sebelum Anda mulai melakukan meditasi.

Itu dia 5 tips yang perlu diperhatikan ketika ingin melakukan meditasi. Dengan mengikuti beberapa tips yang telah disebutkan diatas, semoga meditasi yang Anda lakukan dapat membuat jiwa Anda lebih damai dan pikiran pun lebih tenang.

0 komentar:

Posting Komentar