Home » , , » Makanan Yang Dapat Menyebabkan Jerawat

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Jerawat

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Jerawat -, Hampir dipastikan semua orang benci terhadap jerawat. Namun, tidak semua orang tahu penyebab dari jerawat itu sendiri. Makanya, mereka kurang memperhatikan apa saja hal-hal yang dapat memicu terjadinya jerawat. Penyebab jerawat memang cukup banyak dan salah satu diantaranya adalah melalui makanan. Setiap makanan yang masuk kedalam perut kita itu akan memberikan efek positif dan negatif.

Bila makanan yang dikonsumsi itu sehat dalam artian kaya akan nutrisi, maka tubuh kita pun akan merasakan manfaatnya. Namun, bila yang dikonsumsi itu adalah makanan yang tidak sehat, tentu akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh kita. Salah satu dampak yang akan ditimbulkan adalah munculnya jerawat.

Apakah Anda sudah tahu apa saja makanan yang dapat menyebabkan jerawat? Berikut ini merupakan beberapa makanan yang turut membantu memicu terjadinya jerawat.
makanan penyebab jerawat
Ilustrasi gambar gorengan via kaskus.co.id

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Jerawat

1. Gorengan
Jerawat akan muncul apabila anda mengkonsumsi minykak yang tidak sehat. Karena tubuh akan menggunakan minyak tersebut untuk memunculkan sel kulit baru. Namun, jerawat timbul karena sel-sel kulit tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Beberapa makanan penyebab jerawat yang digoreng antara lain, kentang goreng, ayam goreng, makanan cepat saji, donat, tahu goreng, dll.

2. Makanan manis
Makanan yang memiliki kadar gula tinggi dapat mengurangi tingkat kekebalan tubuh terhadap infeksi bakteri yang merupakan salah satu penyebab jerawat. Juga, makanan bergula bisa menjadi penyebab hilangnya elastisitas jaringan dan fungsinya. Beberapa makanan bergula yang harus dihindari adalah permen, minuman bersoda, es krim, dll.

3. Karbohidrat sederhana yang tinggi
Mengkonsumi makanan berkarbohidrat tinggi dengan jumlah yang berlebih juga bisa menyebabkan anda mendapatkan jerawat di beberapa bagian wajah. Cara menghindarinya, anda bisa mengkonsumsi karbohidrat sederhana dengan takaran sedang. Contoh makanan tersebut diantaranya : beras putih, roti putih, serta pasta.




4. Caffein
Menikmati kopi mungkin sudah menjadi bagian dari kebiasaan rutin kita. Namun, anda juga sebisa mungkin harus bisa mengontrolnya karena kalau tidak dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Sebetulnya tidak hanya didalam kopi saja caffein berada, melainkan anda juga dapat menemukannya di dalam cokelat, soda, minuman berenergi, dan berbagai obat-obatan pereda nyeri. Zat caffein memiliki kecenderungan untuk memproduksi hormone penyebab stress dan tentunya memicu terjadinya jerawat.

5. Asam lemak omega 6
Konsumsi asam lemak omega 6 yang berlebihan bisa memicu kulit anda mengalami kemerahan dan peradangan. Beberapa makanan yang mengandung asam lemak adalah ham, daging bagi, dan bacon.

6. Kuning telur
Tidak banyak yang tahu bahwa kuning telur juga termasuk salah satu makanan yang bisa memicu timbulnya jerawat. Hal ini bisa terjadi karena kuning telur mempunyai kandungan lemak dengan jumlah yang cukup banyak. Jika mengonsumsi kuning telur terlalu banyak, dikhawatirkan tubuh tidak akan sanggup lagi untuk menerima lemak. Sehingga, lemak yang tidak diserap dengan maksimal akan terpaksa keluar melalui pori-pori kulit dan membuat kulit menjadi berminyak. Ketika kulit berminyak, maka pada saat itulah jerawat akan mudah sekali untuk tumbuh.

7. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan memang paling nikmat untuk dijadikan camilan. Namun, jangan terlalu berlebihan juga ya dalam mengonsumsinya, terutama kacang tanah. Memang sih mengonsumsi kacang tanah tidak menimbulkan jerawat jika bagian wajah belum mengalami adanya jerawat. Tapi, jika kulit Anda sensitif dan sedang mengalami jerawat, sebaiknya hindari ngemil kacang-kacangan. Hal ini karena kacang-kacangan bisa memperparah kondisi jerawat Anda.

Itulah informasi sekilas mengenai beberapa makanan yang bisa menimbulkan jerawat pada wajah anda. Namun, anda juga tidak perlu untuk berhenti mengkonsumsi makanan atau minuman yang telah kami sebutkan diatas. Yang paling penting adalah kita harus bisa mengontrol makanan tersebut supaya tidak menimbulkan jerawat pada wajah kita.

Bila jerawat sudah muncul, sebaiknya dihilangkan saja dengan menggunakan cara-cara alami. Selain lebih aman, cara ini juga dapat diandalkan kok untuk menghilangkan jerawat. silahkan simak artikelnya di cara menghilangkan jerawat

0 komentar:

Posting Komentar