Home » » Senam Kegel dan Manfaatnya

Senam Kegel dan Manfaatnya

Senam Kegel dan Manfaatnya - Saat ini senam kegel mulai diminati oleh orang banyak khususnya kaum wanita. Senam kegel merupakan senam untuk menguatkan otot panggul. Senam kegel pertama kali digagas oleh dr. Arnold Kegel pada tahun 1945. Tujuan awal daripada senam kegel ini bukanlah untuk membantu menghangatkan kehidupan seksual, malinkan sebagai suatu terapi bagi wanita yang sering merasa tidak bisa menahan air seninya. Gangguan kesehatan seperti ini sering terjadi karena turunnya rahim akibat kendor atau tipisnya otot dasar panggul, yang disebut Pubococcygeus ata PC. Tanpa disangka, setelah rutin melakukan senam kegel, pasien dr. Kegel ini mengaku kehidupan sesksual mereka menjadi lebih baik.

Senam Kegel dan Manfaatnya
Bagi seseorang yang kehidupan seksualnya mengalami masalah dan tidak segera ditemukan solusinya, bukan tidak mungkin permasalahan akan meruncing dan memicu terjadinya perselisihan yang dapat mengakibatkan retaknya hubungan pasangan suami istri. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hubungan seksual suami istri adalah dengan melakukan senam kegel, atau senam seks seperti istilah yang lebih akrab ditelinga masyarakat.

Cara Melakukan Senam Kegel

Senam ala dr. kegel ini terbilang sangatlah mudah dan dapat dilakukan dalam kondisi apa pun, dimana pun, dan kapan pun juga. Anda bisa melakukannya dengan posisi telentang, duduk atau pun sambil berdiri. Bila melakukannya pada saat berdiri, usahakan tubuh anda tegap dengan tulang punggung lurus dan jaga agar bahu tidak terkulai. Jika melakukannya dengan posisi berbaring, berbaringlah dengan santai, letakkan lengan dilantai. Pastikan tubuh dan pikiran anda dalam keadaan rileks, sehingga anda dapat melakukannya tanpa beban.

Caranya itu sama persis saat kita menahan air seni dan menahan buang angin pada waktu yang bersamaan. Rapatkan lubang area intim, tahan selama 5 detik lalu lepaskan sambil membuang napas. Lakukan hal tersebut berulang-ulang dengan frekuensi lama menahan semakin ditingkatkan hingga 10 detik atau bisa juga lebih tergantung kemampuan. Semakin rutin anda melakukannya, maka semakin cepat pula anda merasakan manfaatnya.


Manfaat Senam Kegel

Pria atau pun wanita dapat berlatih untuk memperkuat otot-otot daerah intim. Keuntungan senam kegel bagi pria adalah dapat memperkecil kemungkinan untuk terjadinya ejakulasi dini, karena kemampuan mengontrol kontraksi otot akan meningkat. Selain itu, terapi ini konon dapat membantu pria merasakan klimaks berulang-ulang. Dengan otot panggul dan otot sekitar organ intim yang kuat, kehidupan bercinta pasangan suami istri tidak akan membosankan karena secara fisik keduanya memungkinkan untuk melakukan berbagai variasi dan gaya bercinta.

Sedangkan manfaat senam kegel bagi wanita ialah otot-otot sekitar kelamin dan panggul akan terlatih, sehingga lebih peka dan lebih mudah untuk menerima rangsangan. Bagi wanita yang baru saja melahirkan, senam ini sangatlah bagus juga untuk dilakukan karena dapat membantu organ intim kembali ke bentuk semula secara lebih cepat. Selain itu, bagi wanita yang sulit menahan keluarnya urin, akibat stress misalnya, latihan kegel juga dapat mebantu mereka.

Selain senam kegel, ada juga senam aerobik yang manfaatnya tidak kalah juga dengan senam kegel. Silahkan simak saja artikel selengkapnya di 7 manfaat senam aerobik

Simak juga artikel kami lainnya dan tentunya cukup menarik juga untuk menambah wawasan anda, salah satu artikel yang mungkin menarik juga untuk anda simak » manfaat dan khasiat madu untuk kecantikan

0 komentar:

Posting Komentar