Home » , , , , » Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Wajah

Tips Sehat dan Cantik - Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan rupanya telah dikenal cukup luas oleh masyarakat. Bahkan, jeruk nipis juga di gadang-gadang menjadi buah paling ampuh dalam mengatasi masalah kesehatan. Anda tentunya sudah tahu bahwa jeruk nipis pada umumnya berwarna hijau dengan ukurannya yang kecil. Biasanya buah yang satu ini sering digunakan untuk menambah rasa asam pada suatu masakan.

Pada beberapa jenis makanan tertentu, terkadang kita menjumpai makanan yang mengeluarkan bau amis tak sedap. Untuk menghilangkan bau amis tersebut, kita juga bisa menetralisirnya dengan memanfaatkan buah jeruk nipis. Meskipun bentuk buahnya kecil, tapi manfaat jeruk nipis jauh lebih besar lho. Penasaran apa saja manfaatnya? Mari kita simak berikut ini.
manfaat jeruk nipis
Ilustrasi jeruk nipis via userealbutter.com

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

1. Mengangkat sel kulit mati
Saat ini masih banyak perawatan kecantikan yang menggunakan buah jeruk nipis untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah. Hal ini masih terus dilakukan karena memang kulit jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit wajah tampak kusam.

2. Mengencangkan pori-pori
Minyak jeruk nipis mempunyai sifat astringent yang bermanfaat untuk mengencangkan kembali pori-pori kulit. Sehingga hal itu akan membantu mengurangi produksi minyak dan membuat kulit tampak lebih cerah. Itulah yang mungkin bisa menjadi salah satu alasan kenapa saat ini banyak produk kecantikan yang memanfaatkan buah jeruk nipis.

3. Menghilangkan jerawat
Jerawat merupakan masalah umum yang paling banyak dijumpai. Timbulnya jerawat akan lebih mudah terjadi pada orang-orang yang memiliki kulit wajah berminyak. Disamping itu, bakteri pada pori-pori juga akan turut memperburuk peradangan, meningkatkan kemerahan, dan menimbulkan rasa nyeri. Jeruk nipis bisa digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi pemicu timbulnya jerawat.

4. Mencegah penuaan dini
Sinar UV matahari merupakan salah satu faktor yang dapat memicu terjadinya penuaan dini. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa menggunakan jeruk nipis dengan cara mengupasnya kemudian gosokkan pada kulit.

5. Membuat kulit tampak bersinar
Untuk menjadikan kulit Anda tampak lebih bercahaya sebetulnya tidak selamanya harus dengan biaya yang mahal. Dengan jeruk nipis pun Anda juga sudah bisa mendapatkannya. Caranya, siapkan segelas air hangat kemudian campurkan dengan madu dan perasan jeruk nipis lalu oleskan pada kulit. Lakukan perawatan tersebut di setiap pagi secara teratur.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

1. Melancarkan sistem pencernaan
Didalam jeruk nipis terdapat kandungan flavonoid yang berguna untuk meningkatkan produksi asam, cairan pencernaan, dan empedu. Dengan begitu, sistem pencernaan didalam tubuh pun akan bekerja secara optimal dan lancar.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis sangatlah tinggi dan itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga dengan daya tahan tubuh yang baik nantinya tubuh Anda pun tidak akan mudah untuk terserang suatu penyakit.

3. Menurunkan berat badan
Apakah Anda rutin minum segelas air jeruk nipis hangat di pagi hari? Jika iya, berarti Anda telah memulai hari Anda dengan sesuatu yang baik. Mengapa? Karena segelas air jeruk nipis hangat mengandung serat yang cukup dengan vitamin C yang luar biasa untuk membantu Anda menurunkan berat badan dan menjaga tubuh supaya tetap sehat.

4. Mengatasi sembelit
Minum segelas air hangat yang ditambahkan dengan perasan jeruk nipis tidak hanya bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan saja. Akan tetapi hal itu juga baik untuk membantu mengatasi masalah sembelit. Minum air jeruk hangat akan membantu merangsang dan mengatur gerakkan usus Anda sehingga hal itu akan menyembuhkan rasa sakit dari sembelit.

5. Pembersih alami
Detoks tubuh sangat diperlukan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain dengan minum air putih, jeruk nipis juga berkhasiat untuk membantu detoksifikasi dan mengeluarkan semua racun berbahaya dari dalam tubuh.

Sekarang Anda sudah tahukan manfaat jeruk nipis untuk wajah Anda? Tertarik untuk mencobanya?

0 komentar:

Posting Komentar