Home » , , , » MEMAHAMI DAN MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA BAYI

MEMAHAMI DAN MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA BAYI

Gerak motorik halus pada Anak Usia dini berkaitan dengan koordinasi mata. Kemampuan penglihatannya masih bereaksi dengan objeknya beripa sinar. Jadi, jika didekatkan pada sinar terang tampak anak seperti mengerjapkan kedua matanya atau mengerutkan dahinya. Ada juga anak yang sudah menatap, walaupun hanya sebentar saja.

Rangsang anak dengan objek cahaya, seperti mainan berwarna terang dan menyala seperti merah, kuning, hija, serta suara-suara. Sekitar 1 minggu hingga 2 mingguan, diharapkan anak sudah bisa mengikuti arah objek yang digerakan ke garis tengah pandang penglihatannya.

Untuk memastikan, Bunda bisa meletakan mainan bewarna terang di depan matanya, sekitar 30 cm. jika anak sudah bisa mengikuti arah mainan tersebut, pertanda si anak sudah dapat menangkap lebih banyak, tak hanya membedakan gelap dan terang saja, stimulasi ini perlu dilakukan berulang-ulang. Mulai usia 3 minggu, berikan stimulasi dengan cara mengarahkan benda sebagai objeknya, dari arah pinggir sampai lewat garis tengah. Diharapkan mata anak akan mengikuti gerakan benda tersebut.

Bayi kita akan berkembang baik jika motorik halusnya diberikan rangsangan dan stimulus dengan metode tertentu. Permainan seperti mobilebaby sangat bagus diberikan kepada bayi dalam tahap-tahap perkembangan awal ini.

0 komentar:

Posting Komentar